Blog Yang Bikin Pusing

Ngintip blog orang itu menyenangkan, sebab kita bisa belajar sekaligus membandingkan. Tapi, dengan catatan: blognya memang menyenangkan untuk dikunjungi. Soalnya ada juga blog yang malah membuat kita pusing dan diam-diam berjanji untuk tidak akan pernah lagi mengunjunginya. Nah lho!
foto: detik.com
Saya sendiri punya kriteria tertentu dalam menilai sebuah blog. Berikut ini beberapa hal yang bisa bikin saya kapok mengunjungi sebuah blog:
  • Warna-warna yang terlalu mencolok (shocking) dan nggak nyambung. Percayalah, mata orang itu punya daya tahan terbatas untuk menatap warna-warna semacam itu. Hindari juga efek berkedip-kedip pada tulisan (biasanya menggunakan javascript). Ini bikin mata cepat lelah.
  • Terlalu banyak aksesoris. Mata saya gampang sepet melihat terlalu banyak aksesoris, widget, dan pernak-pernik lain yang nggak perlu. Termasuk di dalamnya adalah lagu yang auto-play. Mending kalau pas lagunya sesuai selera. Kalau tidak? Pengunjung dipaksa untuk mencari-cari tombol stop. Cara paling gampang tentu menutup browser atau mencari blog lain yang lebih beradab. Blog seperti ini pasti jadi musuh saya :)
  • Pop-up message, flying message dan sejenisnya dijamin membuat saya kesal. Biasanya, begitu muncul yang semacam ini (biasanya berisi penawaran produk, newsletter, atau sekedar pamer script baru yang bisa nyalamin pengunjung), selera saya langsung hilang dan cara terbaik adalah cepat-cepat menutup halamannya.
Nah, jika Anda punya blog yang seperti ini, mending coba diberesin lagi deh. Sebagus apa pun konten blog Anda, jika tampilannya norak dan acak-acakan, orang jadi males untuk berlama-lama di blog Anda. Asal tahu saja, yang punya kriteria seperti saya ini dijamin banyak lho, dan itu berarti Anda akan kehilangan banyak pengunjung jika tetep maksa seperti itu.