Pintar-Pintar Pilih Tutorial

Seiring dengan semakin berkembangnya pengguna internet, kebutuhan akan informasi juga semakin bertambah. Orang semakin sadar bahwa hampir semua jenis informasi bisa dicari di internet. Secara berkelakar, teman saya bahkan mengatakan sekarang ini peniti jatuh pun bisa dicari di internet.

Belajar mengaji, belajar ilmu agama, belajar masak, belajar apa pun bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Cari di Google, maka dalam hitungan detik aneka tutorial yang kita butuhkan pun terpapar di depan mata. Asal ada kemauan, orang bisa pintar dalam waktu singkat.

Tersedianya ragam informasi ini jelas sangat membantu mereka yang membutuhkan. Tanpa harus repot keluar rumah, tanpa harus bayar, kita bisa belajar sendiri dengan nyaman. Namun terlepas dari semua kemudahan yang menggiurkan itu, kita tetap harus berhati-hati. Tidak semua informasi yang ada di internet itu bermutu. Kita tetap harus pintar-pintar memilih mana yang berkualitas dan mana yang tidak. Adakalanya tutorial yang kita butuhkan dibuat secara asal-asalan atau bahkan sekedar hasil copy paste dari website atau blog milik orang lain.


Lucunya saya sering menemukan blog tutorial yang si penulisnya terkesan tidak memahami apa yang dia tulis. Ketika saya tanya tentang beberapa hal yang kurang saya pahami, dia hanya menjawab berputar-putar dan malah semakin membingungkan. Mungkin itu karena tulisan tersebut hasil copy-paste dari tulisan orang lain.

Maka, jika Anda ingin mempelajari sesuatu di internet, carilah tutorial yang penulisnya memang menguasai masalah yang dia bahas. Itu bisa diketahui ketika kita menanyakan sesuatu tentang apa yang dia tulis. Jika dia bisa menjelaskan dengan tepat dan rinci, berarti dia memang ahli di bidangnya. Maka Anda boleh berbahagia dan melanjutkan proses belajar gratis Anda. Tapi jika jawabannya terkesan berbelit-belit sekedar untuk menutupi ketidaktahuannya, mendingan Anda cari lagi tutorial sejenis yang ditulis oleh orang yang mumpuni di bidangnya.

Belajarlah dari orang yang tepat, dari sumber yang tepat. Jangan sampai Anda belajar ilmu sesat :) Happy learning.