Gombal

Menurut KBBI Ada dua arti kata gombal. Yang pertama artinya kain yg sudah tua (sobek-sobek). Biasanya dipakai untuk bersih-bersih, mengelap benda-benda yang berdebu. Sementara gombal yang kedua artinya bohong, omong kosong, rayuan. Tapi rasanya yang paling sering kita dengar adalah gombal dalam pengertian yang kedua.

Kenapa bisa begitu? Barangkali ada banyak alasan. Tapi yang paling memungkinkan adalah karena banyaknya orang yang berbohong di sekitar kita. Politisi bohong, artis bohong, media bohong, tetangga bohong, dan mungkin kadang-kadang Anda juga :)

Kenapa berbohong? Ini juga banyak penyebabnya, antara lain:

1. Untuk menutupi kelemahan
Setiap orang ingin tampil perfect di mata orang lain. Karena manusia itu tidak ada yang sempurna, maka pasti suatu saat kita berbohong juga. Istilah bohong mungkin lebih tepat dalam hal ini.

2. Untuk menjaga perasaan orang lain
Ini sih ada bagusnya dan saya pikir tidak termasuk gombal asal jangan berlebihan. Kalau teman wanita Anda minta pendapat soal dietnya yang gagal, jangan sekali-sekali mengatakan, "Kamu tambah endut deh kayaknya", mekipun itu benar. Percayalah, jujur pada situasi ini hanya akan menciptakan masalah besar bagi Anda.

3. Demi mendapatkan sesuatu
Ini biasanya terjadi pada situasi di mana kita tidak akan mendapatkan apa yang kita inginkan kalau kita jujur. Misalnya, ketika Anda nembak cewek matre, maka ada kemungkinan Anda akan mengaku punya 3 apartemen dan 5 mobil meskipun Anda tidak sekaya itu. Soalnya kalau Anda jujur, belum apa-apa Anda sudah dicuekin.

Politisi gombal merayu calon pemilih dengan janji-janji muluk. "Nanti kalau saya terpilih, semua akan saya belikan rumah baru!" Kalau dia sedermawan itu, kenapa harus nunggu terpilih dulu? Mbok ya sekarang saja, Tuhan kan tidak pernah membatasi kapan orang harus bersikap dermawan:)

gambar: www.mobavatar.com
Orang pacaran juga banyak gombalnya. Mengaku bujangan padahal cucunya segudang (eh, itu mah lagu..), mengaku akan setia, padahal sebenarnya sudah bosan, dll. Kalau suatu saat terungkap, maka makian yang paling tepat adalah "Gombal lu!"

Atau, suruh saja dia dengerin lagu gombal ini.

Nah, kalau pacar Anda tiba-tiba saja menelepon Anda dan mengatakan, "Babe, nothing's gonna change my love for you...", percayakah Anda?

Ah, jangan percaya! Orang pacaran pasti banyak gombalnya. Kecuali saya.