Web Player Super Praktis

Player untuk memutar musik atau video di blog banyak dibutuhkan, baik untuk sekedar hiburan, atau untuk keperluan seperti tutorial dll. Sayangnya urusan memasang player semacam ini seringkali ribet. Ada yang harus daftar dulu lah, ada yang settingnya rumit lah, malah ada yang harus bayar segala.

Jika Anda tidak suka dengan yang ribet-ribet, mau yang praktis, saya punya caranya: pakai Yahoo Web Player. Saya yang pada dasarnya tak begitu suka dengan produk-produk Yahoo, kali ini berubah pikiran. Player-nya ringan (beda dengan produk-produk Yahoo lainnya), instalasinya mudah, dan gratis.

Tampilan Yahoo Web Player saat memainkan file video.
Begitu Anda pasang player ini di blog Anda, semua link audio dan video bisa langsung diputar tanpa harus melakukan setting apa pun. Syaratnya tentu saja link tersebut harus hot-link alias direct-link. Misalnya: http://nama-web/judul-lagu.mp3 dan bukannya http://nama-web/judul-lagu.html. Video di youtube adalah contoh video yang termasuk direct-link.

Jika Anda tertarik untuk memasang web-player ini di blog/website Anda, silakan ikuti petunjuk berikut ini:
  • Masuk ke menu edit HTML, cari kode </body>
  • Copy script berikut ini dan simpan di atasnya:
<script type="text/javascript"> var YWPParams = { theme: "silver" }; </script>
<script type="text/javascript" src="http://webplayer.yahooapis.com/player.js"></script>
  • Klik save, selesai. Player super praktis ini sudah terpasang di blog/website Anda.
Dengan terpasangnya web-player ini, maka setiap direct-link audio atau video di bagian mana pun di blog/website Anda, akan otomatis bisa diputar.

Untuk mencobanya, silakan tekan tombol play di depan link berikut ini:
Tata Danamihardja - Hentikan (Aku Bosan)

Gampang kan? Lalu bagaimana cara mencari direct-link lagu-lagu gratis berformat MP3? Nanti kita bahas kalau ada waktu dan saya bisa menulisnya. Soalnya saya bukan penulis tutorial yang baik :)

Untuk sementara itu dulu yaaa...