Sensasi Menikmati Lagu

Sadar atau tidak, mendengarkan kembali sebuah lagu sama dengan menghadirkan suatu peristiwa yang berkaitan dengan lagu tersebut. Bahkan meski kita tidak mengetahui arti dari lagu yang kita dengarkan. Yang membedakannya adalah seberapa penting peristiwa yang terkait dengan lagu itu bagi kita. Semakin berkesan sebuah peristiwa, semakin kuat lagu itu mengembalikan ingatan kita pada masa peristiwa itu terjadi.

Salah satu peristiwa yang paling berkesan dalam kehidupan manusia adalah pada saat jatuh cinta. Ada energi dahsyat dalam diri kita yang membuat segala kejadian pada saat jatuh cinta menjadi menjadi jauh lebih indah. Bahkan suara penyanyi yang paling kita benci pun bisa terdengar sangat indah di saat kita sedang jatuh cinta.

Itu sebabnya orang yang pacaran selalu punya lagu kebangsaan sendiri. Meskipun semua lagu menjadi terdengar indah, tetap saja orang milih-milih untuk menentukan lagu kebangsaan. Lagu anak-anak, lagu wajib nasional, atau lagu death-metal rasanya bukan pilihan yang tepat. Lagu anak-anak terlalu polos untuk jadi lagu tema percintaan. Lagu wajib? Pasti terlalu gagah dan patriotik. Masa orang pacaran lagunya Maju Tak Gentar :)

Pilihannya tentu jatuh pada lagu-lagu yang romantis, baik lirik mau pun iramanya. Maka beruntunglah pelantun lagu-lagu romantis semacam Chrisye dengan lagu Malam Pertama misalnya, karena pasti lagu mereka sering terpilih untuk menjadi lagu kebangsaan para pasangan yang sedang kasmaran, bahkan terus dikenang hingga waktu yang sangat lama.

Bukan cuma itu. Lagu bahkan selalu secara tak sadar dikaitkan dengan suatu peristiwa berkesan di masa lalu. Mungkin dulu semasa SMA Anda pernah digampar cewek karena bersikap kurang ajar. Tepat pada saat itu sayup-sayup terdengar lagu Potong Bebek di radio penjual cireng di gerbang sekolah. Maka setiap mendengar lagu itu, pasti ada sensasi tersendiri yang Anda rasakan.

Bahkan kadang-kadang sebuah lagu malah menimbulkan dejavu. Anda seolah-olah pernah mengalami suatu peristiwa yang Anda sendiri tidak tahu di mana, atau entah kapan kejadiannya. Atau mungkin saja ketika mendengar sebuah lagu tertentu, Anda tiba-tiba saja merasakan sensasi kegembiraan yang aneh, tanpa mengetahui sebabnya. Tapi yang paling sering tentu saja mengaitkan sebuah lagu dengan peristiwa menyenangkan yang Anda alami.

Nah, sensasi apa yang Anda rasakan ketika mendengar lagu Mama Do You Remember (Joe Yamanaka) ini? Atau lagu Someone dari Grandfunk Railroad ini? Jika Anda tidak merasakan sensasi apa-apa berarti ada dua kemungkinan: saya lebih tua dari Anda, atau Anda lebih muda dari saya :)

Kalau begitu, apa dong lagu Anda hari ini?